Konsep Sistem Informasi

Konsep Data dan Informasi

Lingkungan Informasi

n Informasi merupakan salah satu sumber daya penting dalam manajemen modern.

n Menurut Ebert lingkungan informasi diformulasikan dengan Sumber Daya 4M + 1L yang mencakup Manusia, Material, Mesin, Modal dan Informasi merupakan sumber daya vital bagi kelangsungan organisasi bisnis.

Data, Informasi dan Pengetahuan

n Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak terpengaruh secara langsung kepada pemakai.

n Data dapat berupa :Teks, Citra, Audio dan Video.

n Teks, sederetan huruf,angka dan simbol-simbol khusus yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual. Contoh teks adalah artikel koran.

Data, Informasi dan Pengetahuan

n Citra (image) : data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen ataupun gambar lainnya.

n Audio : data dalam bentuk suara, berupa instrumen musik, suara manusia atau binatang, gemericik air, detak jantung dan lain-lain.

n Video : menyatakan data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara.

Data, Informasi dan Pengetahuan

n Informasi dinyatakan oleh beberapa ahli.

n McFadden : mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

n Shannon : informasi adalah “ jumlah ketidakpastian yang dikurangi ketika sebuah pesan diterima”, artinya dengan adanya informasi, tingkat kepastian menjadi meningkat.

n Davis : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.

Transformasi Data menjadi Informasi

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE \* MERGEFORMAT <![endif]–>

Data

Proses

Informasi

1.3 1.4 1.5 1.7 …

Perhitungan rata-rata penjualan dalam kuartal terakhir

Rata-rata penjualan dalam kuartal terakhir sebesar 1,3 milyar

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> <![endif]–>


Siklus Informasi

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE \* MERGEFORMAT <![endif]–>

Masukan

(Data)

Hasil

Tindakan

Data

(ditetapkan)

Penerima

Keluaran

(Informasi)

Proses

(Model)

Tindakan

(Keputusan)

Basis

Data

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> <![endif]–>

Ciri-ciri Informasi

n Benar atau Salah : dalam hal ini, informasi berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan. Jika penerima informasi yang salah mempercayainya, efeknya seperti kalau informasi itu benar.

n Baru : Informasi benar-benar baru bagi si penerima

n Tambahan : informasi dapat memperbaharui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.

n Korektif : informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.

n Penegas : informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

Pengetahuan (Knowledge)

n Kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan.

n Sebagai gambaran, informasi yang dipadukan dengan pengalaman masa lalu dan keahlian akan memberikan suatu pengetahuan yang tentu saja memiliki nilai yang tinggi.

Hubungan Data, Informasi dan Pengetahuan

Data, Informasi dan Pengetahuan menurut Abstraksi

Hierarki Data

n Data disusun dalam suatu hierarki yang terdiri dari elemen data, rekaman (record) dan berkas (file).

n Elemen Data : suatu data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit data yang lain. Pada data pegawai, elemen data dapat berupa nama pegawai, alamat, kota tempat tinggal, dan atribut lain yang berkaitan dengan pegawai.

n Rekaman : gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Contoh nama, alamat, kota seorang pegawai dapat dihimpun dalam sebuah rekaman. Istilah lain rekaman yaitu tupel dan baris.

n Berkas : himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama membentuk sebuah berkas dan dapat dikatakan sebagai kumpulan data yang berkaitan dengan suatu objek.

Karakteristik Data dan Informasi

Menurut Alter Karakteristik Data atau Informasi

Informasi untuk Manajemen

n Salah satu pemakai yang paling banyak menggunakan informasi dalam suatu organisasi adalah pihak manajemen.

n Informasi yang dibutuhkan bisa berasal dari pihak internal maupun eksternal, dalam bentuk formal ataupun informal, berdasarkan komputer ataupun laporan.

Sistem Informasi

Modul 3

Sistem Informasi

Ada bermacam sistem informasi a.l :

n Sistem reservasi pesawat terbang : digunankan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan / pembelian tiket.

n Sistem untuk menangani penjualan kredit kenderaan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan

n Sistem biometrik yang dapat mencegah orang yang tak berwenang memasuki fasilitas-fasilitas rahasia atau mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan cara menganalisa sidik jari atau retina mata

n Sistem POS (point-of-sake) yang diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data.

n Sistem telemetri atau pemantauan jarak jauh yang menggunakan teknologi radio. Misal untuk mendapatkan suhu lingkungan lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api.

n Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien.

n Sistem yang dipasang pada tempat-tempat publik yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan, dan lain-lain.

n Sistem layanan akademis berbasis web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data akademis atau bahkan dapat mendaftarkan mata kuliah-mata kuliah yang diambil pada semester baru.

n Sistem pertukaran data elektronis (Electronic Data Interchange atau EDI) yang memungkinkan pertukaran dokumen antar perusahaan secara elektoronis dan data yang terkandung dalam dokumen dapat diproses secara langsung.

n E-government atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis internet.

Sistem Informasi Sederhana

Kemampuan Sistem Informasi

n Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dan dengan kecepatan tinggi

n Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat, dan cepat

n Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses

n Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak diseluruh dunia dengan cepat dan murah

n Meningkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi

n Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia

n Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semioto-matis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual

n Mempercepat pengetikan dan penyuntingan’pembiayaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual.

4 Peranan penting Sistem Informasi dalam Organisasi

n Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas.

n Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam sebuah subsistem

n Mengkoordinasikan subsistem-subsistem

n Mengintegrasikan subsistem-subsistem

Pengertian Sistem Informasi

n Alter (1992), Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

n Bodnar & Hopwood (1993), sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

n Geninas, Oram, & Wiggins (1990), Sistem Informasi adalah sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.

n Hall (2001), Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.

n Turban, McLean, & Wetherbe (1999), Sistem Informasi adalah mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

n Wilkinson (1992), Sistem Informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

Komponen Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi

n Perangkat Keras (hardware) : mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.

n Perangkat Lunak (software) atau program : sekumpulan instruksi.

n Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.

n Orang : semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi

n Basis Data (database) : sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.

n Jaringan Komputer dan Komunikasi Data : sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resource) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

Klasifikasi Sistem Informasi

n Level Organisasi

n Area Fungsional

n Dukungan yang di berikan

n Arsitektur Sistem Informasi

Sistem Informasi menurut Level Organisasi

n Sistem Informasi Departemen (departmental Information system), sistem informasi yang hanya digunakan dalam sebuah departemen. Contoh, departemen SDM memiliki sejumlah program (aplikasi). Misalnya, salah satu aplikasi digunakan untuk memantau kinerja pegawai dan aplikasi lain digunakan untuk menangani pelamar.

n Sistem Informasi Perusahaan (enterprise information system) merupakan sistem informasi yang tidak terletak pada masing-masing departemen, melainkan berupa sistem terpadu yang dapat dipakai oleh departemen secara bersama-sama.

n Sistem Informasi antar Organisasi (inter organizational information system) atau terkadang disebut IOS/inter organization system, merupakan jenis sistem informasi yang menghubungkan dua organisasi atau lebih. Contoh sistem informasi reservasi pesawat terbang, dimana memungkinkan biro perjalanan yang menjual tiket dari maskapai bisa berbagi informasi.

Menurut Kroenke, Klasifikasi Sistem Informasi dalam sebuah Organisasi

n Sistem Informasi Pribadi

n Sistem Informasi Kelompok Kerja (workgroup information system).

n Sistem Informasi Perusahaan (enterprise information system).

Sistem Informasi Fungsional

n Sistem Informasi Akuntansi (accounting information system)

n Sistem Informasi Keuangan (finance information system)

n Sistem Informasi Manufaktur (manufacturing/ production information system)

n Sistem Informasi pemasaran (marketing information system).

n Sistem Informasi SDM (human resource information system).

Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

n Bodnar dan Hopwood, mendefinisikan sistem informasi akuntansi sebagai kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi,

n Menurut Gelinas SIA merupakan subsistem khusus dari SIM yang tujuannya adalah menghimpun, memproses, dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.

Beberapa subsistem yang terdapat pada SIA

n Pemrosesan pesanan penjualan atau pengolahan penjualan (sales order processing) adalah subsistem yang menangani pemrosesan pesanan dari pelanggan.

n Pemrosesan sediaan (inventory processing) adalah subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali.

n Buku besar (general ledger), subsistem yang mengkonsolidasikan data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan-pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.

Beberapa subsistem yang terdapat pada SIA

n Piutang dagang (accounts receivable), subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan, serta laporan manajemen kredit.

n Utang dagang (accounts payable), subsistem yang mencatat pembelian dan pembayaran utang kepada pemasok, dan menghasilkan laporan manajemen kas.

n Pembayaran gaji (payroll), subsistem yang menangani penggajian, termasuk jam kerja dan bukti pembayaran, serta menghasilkan laporan yang terkait dengan penggajian.

Cakupan Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Keuangan

n Sistem Informasi keuangan digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut persoalan keuangan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan. Sistem ini tidak hanya berdasarkan data internal melainkan juga menggunakan data yang berasal dari sumber eksternal


Model Sistem Informasi Keuangan

Sistem Informasi Manufaktur

n Sistem Informasi Manufaktur merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi, yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.

Model Sistem Informasi Manufaktur

Sistem Informasi Pemasaran

n Sistem Informasi Pemasaran adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi pemasaran. Sistem ini mendukung keputusan yang berkaitan dengan bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup :

n Produk (barang dan jasa) yang perlu ditawarkan

n Tempat yang menjadi sasaran pemasaran

n Promosi yang perlu dilakukan

n Harga Produk


Model Sistem Informasi Pemasaran

Sistem Informasi SDM

n Sistem Informasi sumber daya manusia biasa disebut HRIS (human resource information system). Selain itu sering juga dipakai istilah HRMIS (human resource management information system) dan HRMS (human resource management system).

Model Sistem Informasi SDM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: